an blog is free to see :)

Scrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace Layouts

Friday, June 17, 2011

Miopi Dan Kaca Mata Minus


Setiap manusia dibekali dengan 5 indera sejak lahir. Walaupun beberapa hanya diberi kurang dari 5, dan konon ada juga yang mempunyai indera keenam. Setiap indera, mempunyai sel-sel reseptor khusus yang mengenali perubahan lingkungan luar. Tapi sekarang, kita hanya akan membahas Indera penglihatan saja, yaitu mata.
Mata mempunya 3 lapisan dinding, yaitu sklera, koroid dan retina. Sklera mempunyai fungsi melindungi bola mata dari gangguan. Koroid berwarna coklat kehitaman yang berisi banyak pembuluh darah sebagai nutrisi dan oksigen untuk retina. Sedangkan retina sangat peka terhadap sinar, dan mempunyai sel-sel saraf yang berhubungan langsung dengan otak.
Miopi biasanya terjadi pada anak-anak remaja usia 8 sampai 14 tahun, faktor yang menyebabkannya adalah keturunan, membaca sambil tiduran, menonton tv dari jarak dekat, dan tentu saja, berada di depan komputer terus-menerus.
Dari gambar di bawah ini, dapat dijelaskan pada pandangan normal, fokus berada tepat di retina. Penderita miopi mengalami fokus di depan retina yang mengakibatkan pandangan jauh menjadi buram (kabur). Dan gambar terakhir, dengan bantuan lensa cekung (kacamata) fokus kembali tepat di retina mata.
Cara menanggulangi hal ini bisa ditempuh dengan 3 cara. Memakai kacamata, lensa kontak, dan LASIK.
Kacamata
Menggunakan kacamata adalah solusi termurah. Jika pemilihan bingkai cocok dengan bentuk muka, maka bukan tidak mungkin penderita miopi bisa terlihat semakin ganteng dan berpendidikan. Ehm! Dengan biaya kurang dari 350 ribu, semua bisa ditanggung beres. Seperti yang aku lakukan tadi malam di sebuah optik.
Lensa kontak
Mungkin banyak wanita yang lebih memilih menggunakan lensa kontak. Walaupun agak repot mengurusnya, tapi ada hal penting yang menjadi alasan untuk beralih ke lensa kontak. Salah satunya adalah warna mata. Warna-warna pelangi seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu bisa mewarnai mata. Bahkan mungkin kita bisa mengambil contoh heksa desimal dari kode warna yang diinginkan. *halah, jadi ngomongin css*
Cara baru ini termasuk mahal. Untuk 2 buah mata, kita membutuhkan biaya yang cukup besar, sampai dengan 15 juta rupiah. Jadi, yang ini sekip aja.

No comments:

Post a Comment